Tampil Gaya disaat Hamil


Meski pakaian kehamilan sudah jauh berkembang beberapa tahun belakangan ini, namun masih banyak wanita hamil yang mendapati dirinya sulit untuk bisa tetap tampil gaya. Umumnya, wanita hamil merasa sulit untuk mencari pakaian yang tepat saat memasuki usia kehamilan di trimester pertama. Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk tetap tampil gaya saat kehamilan.

Tiap tubuh memiliki sistem yang berbeda. Beberapa wanita mendapati bahwa berat tubuhnya tidak mengalami banyak perubahan, atau bahkan kehilangan berat badan di awal usia kehamilan karena efek morning sickness. Jika ini apa yang Anda alami, maka, tak ada banyak masalah untuk mengenakan pakaian sehari-hari. Untuk mereka yang sudah mendapati perutnya sudah mulai menunjukkan pembesaran, salah satu cara termudah untuk bisa tetap terlihat gaya adalah dengan membeli pakaian biasa yang ukurannya 1-2 kali lebih besar dari ukuran normal Anda sebelum hamil. Ini tak hanya memberikan ruang untuk perut yang membesar, tapi juga sebagai investasi bijak, karena pakaian tersebut bisa Anda gunakan kembali setelah melahirkan. Karena pada umumnya, kebanyakan wanita, usai melahirkan tak bisa langsung kembali mengenakan pakaian yang biasa ia kenakan sebelum hamil.

Pakaian dengan ukuran lebih besar akan menjadi transisi yang baik saat tubuh Anda berangsur kembali normal. Jika pakaian-pakaian umum terasa nyaman di pinggang, tapi terasa terlalu longgar di bagian kaki atau area lain, Anda selalu bisa membawanya ke tukang jahit untuk dikecilkan di bagian-bagian tersebut. Selain itu, saat ini sudah banyak pakaian wanita umum yang modelnya bisa Anda gunakan saat hamil, seperti atasan dari bahan melambai, seperti sifon, dengan ukuran yang longgar. Baju-baju semacam ini bisa Anda gunakan beberapa kali saat kehamilan.

Ketika Anda memasuki trimester kedua atau ketiga, Anda akan menghadapi transisi menuju pakaian khusus ibu hamil. Saat ini sudah ada banyak tipe pakaian ibu hamil yang cantik, bahkan seksi sekalipun, seperti Le Bloomingchic. Meski tak semua butik menyediakan ukuran khusus ibu hamil, Anda bisa melirik pakaian-pakaian tersebut di situs mereka. Pakaian ibu hamil yang cita rasa dan bahannya nyaman memang seringkali harganya lebih mahal. Namun, ketika Anda kenakan, akan terasa nyaman dan jatuhnya cantik pada tubuh. Selain itu, Anda bisa menjualnya kembali lewat blog atau milis ketika sudah usai Anda kenakan.

Sama seperti pakaian pada umumnya, sebaiknya selalu mencoba pakaian saat kehamilan. Kebanyakan toko pakaian khusus ibu hamil menyediakan karet tambahan khusus di bagian perut untuk memberikan sokongan pada perut yang membesar di bulan-bulan mendatang. Biasanya, karet ini bisa digunakan untuk menambah lebar lingkar pada celana jins yang kancingnya sudah tak bisa bertemu lagi di tengah.

Jika Anda membeli pakaian kehamilan via internet (
online shopping), pastikan Anda mendapat informasi detail mengenai ukuran pakaian tersebut dan melihat kebijakan pengiriman serta pengembaliannya jika ternyata tidak sesuai ukuran atau keinginan Anda. Carilah pakaian yang menyerap keringat, longgar, dan tidak terlalu ketat untuk memberikan kenyamanan saat Anda beraktivitas sehari-hari. Hindari pola pakaian yang bergaris horizontal karena akan memberikan kesan Anda lebih besar. Jika memang Anda hanya bisa mengenakan pakaian terusan, coba pilih baju dengan lingkar leher yang berbeda-beda dan gunakan aksesori di bagian tersebut agar membuat penampilan lebih gaya dan menarik perhatian ke arah tersebut. Anda juga bisa memilih pakaian print grafik besar sebagai pilihan alternatif penampilan yang cantik di musim panas.

Sama seperti pada saat tidak hamil, pakaian Anda sebaiknya selalu memberikan kenyamanan untuk Anda, dan jika memungkinkan, tampil gaya agar Anda pun bisa merasa cantik dan bahagia saat menyambut si kecil ke dunia. (kompas)

Bookmark and Share