Modifikasi Gaun Menjadi Rok Gaul


Jangan terburu-buru membuang gaun lama Anda yang sudah tidak terpakai lagi. Anda bisa menyulapnya menjadi rok yang bisa memperkaya koleksi bawahan Anda. Hanya diperlukan sedikit saja keterampilan menjahit untuk melakukannya. Mari kita simak beberapa tips berikut ini.

Ukur panjang rok yang Anda inginkan. Ambil meteran dan ukur secara tegak lurus (dengan lantai) jarak antara pinggang dan lutut Anda. Namun, sebaiknya sebelum memotong bagian gaun, Anda harus mencoba dulu bagian mana yang paling pas untuk dijadikan rok press body, lalu beri tanda, Anda bisa melakukan pengukuran dengan acuan tanda tersebut.

Misalkan jarak pinggang-lutut Anda adalah 65 cm, maka potong/ belah bagian gaun yang ingin Anda sulap menjadi rok dengan ukuran lebih dari 65 cm. Potongan lebih ini yang nantinya akan dipakai sebagai lipatan pada area pinggang dan batas bawah rok.

Panjang pendeknya lipatan tergantung dari keinginan Anda dan jenis bahannya gaunnya juga. Yang pasti, berikan space/ruang lipatan yang cukup agar karet bisa masuk pada area pinggang. Untuk lipatan pada bagian bawah rok, Anda bisa membuatnya selebar atau sesempit yang Anda inginkan. Jika bahan gaun tak terlalu tebal, maka ada baiknya Anda melakukan lipatan hingga 2 kali berturut-turut agar jahitan dan border lebih rapi. Akhir kata, ucapkan selamat datang bagi rok baru Anda. (kapanlagi.com)